Perguruan tinggi sebagai salah satu tempat berkumpulnya kelompok usia produktif sekaligus merupakan salah satu lingkungan yang berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Tidak bisa dipungkiri saat ini PTM (Penyakit Tidak Menular) seperti hipertensi dan diabetes banyak menjangkiti generasi muda tanpa mereka sadari.

Seperti dipaparkan oleh dr. Anung Sugihantono,M.Kes., Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, “PTM seperti hipertensi banyak menjangkiti remaja pada usia 18 tahun keatas sebanyak 33,7 persen dan se-pertiga-nya tidak sadar mengidap hipertensi. Begitu pula penyakit diabetes, penderitanya cukup tinggi hampir 11,7 persen untuk usia 18 tahun keatas dan se-pertiga-nya juga tidak mengetahui”.

Pemeriksaan gratis dalam acara program kampus sehat UMY

Oleh karena itu lingkungan kampus berperan penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya dalam membentuk generasi yang sehat dan turut mendukung pola hidup sehat. Sehingga PTM bisa dikendalikan.

Guna merealisasikan hal tersebut Majelis Diklitibang PP Muhammadiyah dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, beserta Kemenkes meluncurkan program kampus sehat yang diadakan pada hari Sabtu (2/11) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

UMY merupakan kampus keempat yang melalukan penandatangan nota kesepahaman dan kerjasama dengan Kemenkes RI dalam Program Kampus Sehat, setelah sebelumnya dilakukan di Universitas Indonesia (UI), UNS dan ANDALAS.

Prof. Lincolin Arsyad, M.Sc.,Ph.D., Ketua Majelis Diklitibang PP Muhammadiyah dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa, “Kampus islami bukan hanya kampus dengan kaligrafi yang banyak namun kampus dengan fasilitas yang sehat seperti mempunyai jogging track yang bagus, fasilitas olah raga yang memadai dan sanitasi yang baik”.

“ Dengan melakukan Program Kampus Sehat diharapkan Perguruan Tinggi yang lain akan mengikuti konsep kampus sehat ini. Dengan mengikuti konsep kampus islami, kampus yang sehat dan berkemajuan,” tuturnya lebih lanjut.

Sebagai penutup Anung menghimbau bagi generasi muda untuk menjaga pola hidup sehat dengan cara menghindari rokok, diet yang sesuai, olah raga yang cukup dan merubah gaya hidup.