Yogyakarta, berasa.id-Bertepatan dengan Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2020, Endank Soekamti me-launching album Air secara virtual. Seperti kita ketahui saat ini Bumi sedang berperang menghadapi virus Corona (Covid-19). Setelah melalui proses diskusi dengan berbagai pihak dan menggali informasi, akhirnya Endank Soekamti memutuskan untuk tetap menggelar launching album Air namun tentunya dengan cara yang lebih bersahabat.

Untuk menghindari penumpukan massa, launching album ini digelar secara virtual di Kampus Does University. Semua konsep tetap dihadirkan, seperti performance art dan pantomime. Dan virtual launch ini dibuat lebih interaktif dari live streaming yang biasa digelar Endank Soekamti.

Album Air merupakan album ke-9 dari Endank Soekamti. Ditulis dan direkam sepenuhnya di pulau Kepa, Alor selama satu bulan. Banyak inspirasi dan semangat dari masyarakat Kepa yang terekam dalam lagu lagu di album ini. Kesulitan mereka mendapatkan air bersih, juga membuka mata kita bahwa, masih banyak kendala serupa di tempat lain.

Bersamaan dengan launching album ini, Endank Soekamti juga merilis website tirtanusantara.id yang merupakan gerakan untuk menghadirkan air bersih untuk daerah yang sulit air. Filosofi Air yang menjadi sumber kehidupan, membuat Endank Soekamti percaya bahwa album ini bisa memberi semangat kepada kita semua untuk menghadapi berbagai rintangan yang ada.

Dikutip dari siaran persnya Endank Soekamti mengungkapkan bahwa seperti yang terjadi sekarang ini. Mereka tak ingin berhenti, tapi harus tetap bijak melihat situasi. Karantina diri di kamar, bukan berarti tak bisa bergembira bersama.