Yogyakarta, berasa.id – Merebaknya Pandemi Covid-19 menyebabkan PT KAI (Persero) Daop 6 melakukan berbagai tindakan preventif untuk mencegah menyebarnya penularan virus tersebut. Diantaranya dengan melakukan strerilisasi Stasiun maupun sarana transportasai Kereta Api, social distancing di stasiun maupun di dalam KA, pengobatan gratis bagi penumpang, pembagian masker, menyiapkan hand sanitizer dan melakukan pengecekan suhu badan sebelum masuk stasiun.

Saat ini PT KAI Daop 6 melakukan pembatalan sebagian perjalanan Kereta Api baik jarak jauh maupun lokal. Hal ini didasari oleh penurunan jumlah penumpang yang sangat signifikan selain itu karena adanya kebijakan pemerintah yang menghimbau agar warganya tidak melakukan bepergian sekiranya tidak terlalu penting.

Tidak hanya layanan transportasi darat, penerbangan pun mengalamai penurunan jumlah penumpang, dengan kondisi seperti ini mengharuskan PT KAI melakukan tindakan pembatalan sebagian perjalanan  KA Bandara baik KA Bandara menuju YIA  ( Yogyakarta Internasiolal Air port) maupun KA Bandara menuju BIAS ( Bandara Adi Sumarmo).

Sebagai BUMN PT KAI turut mendukung pemerintah melaksanakan protokol pemerintah dalam mencegah  penyebaran Pandemi Covid -19. Adapun beberapa KA perjalanan dari Daop 6 yg dibatalkan antara lain KA Taksaka, KA Fajar Utama Yk, KA Senja Utama Yk, KA Lodaya serta sebagian KA Bandara YIA. (nik)

Berikut daftar pembatalan Kereta Api :