Berangkat dari kepedulian UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) terhadap mahasiswa da masyarakat yang terdampak Covid-19, segala bentuk kegiatan dan pendanaan universitas diarahkan untuk dapat meringankan beban mahasiswa dan masyarakat selama masa pandemi ini.

Berbagai macam program kegiatan telah dipersiapkan dalam kegiatan berslogan UMY Mengabdi diantaranya, UMY memberikan subsidi kuota internet bagi mahasiswa dengan besaran Rp 150.000/semester selama tiga semester. Subsidi ini diberikan bagi mahasiswa dalam bentuk pengurangan biaya SPP di Semester Gasal 2020/2021 dan telah berlangsung sejak akhir Maret.

Selain subsidi internet, ribuan mahasiswa UMY juga mendapatkan bantuan logistik berupa sembako, masker dan hand sanitizer. Selama bulan Ramadan 1441 H, UMY juga menyediakan paket sahur dan berbuka puasa bagi mahasiswa yang setiap harinya mencapai 1400-1600 paket. Paket sahur dan berbuka ini juga ditujukan bagi pegawai UMY yang masih bekerja selama masa pandemik. Segala macam kegiatan dan bantuan tersebut diberikan menggunakan sistem drive trhu sehingga panitia dan mahasiswa tetap aman.

Tidak luput dari perhatian UMY, sebelum memasuki masa libur lebaran, UMY Mengabdi mengadakan Media Gathering sebagai ajang silaturahmi kepada media partner yang selama ini sudah banyak membantu UMY untuk mempromosikan UMY melalui pemberitaan di media cetak maupun online. Di acara Media Gathering ini, UMY Mengabdi melalui para pimpinan universitas membagikan sejumlah parsel dan paket sembako bagi wartawan dan rekan-rekan media yang dilakukan secara drive thru, hal ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan massa.

Dalam sambutannya rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP menyampaikan ucapan terimakasih yang mendalam kepada rekan media, “Saya atas nama keluarga besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyampaikan rasa terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada rekan-rekan wartawan yang selama ini telah menunjukkan kerjasama yang sangat baik dan sangat membantu meningkatkan branding dan image positif UMY serta wajah Yogyakarta pada umumnya sebagai Kota Pendidikan,” tuturnya.

Program-program UMY Mengabdi diharapkan dapat membantu seluruh komponen yang terkait dengan UMY untuk dapat bertahan ditengah kondisi dan situasi yang sedang tidak menguntungkan ini.(nin)