Ringan, mudah dicerna dan mengangkat problematikan kehidupan sehari-hari, itulah tema yang tersirat di lirik lagu Ngopi Sik Ndak Edan. Lagu ini tercetus dari pengalaman pribadi personil Mahijadedi Ahonk, Arman dan ofix. Ditambah lirik dari Doni Salah Paham dan alit Jabang Bayi untuk melengkapi lagu tersebut .

Lagu Ngopi Sik Ndak Edan merupakan salah satu lagu di Album Lakon Rabi Keri dan sudah beredar di platform digital namun belum ada video klipnya. Hingga akhirnya Ahonk dan Ofix Okefix Mahijadedi berinisiatif untuk membuat video klip, dimana video klip ini sekaligus menjadi video klip perdana Mahijadedi.

Selain itu Ahonk Rahadi dan Ofix Okefix yang ingin menunjukan misi MAHIJADEDI tentang konsep sinergitas antara pelaku lama dan pelaku baru di industry musik. Hal ini digambarkan dengan penampilan GNTZ (Anto Gantazz) seorang rapper yang ikut andil dalam perkembangan musik hiphop di era tahun 1994. Anto dengan setianya menjadi partner dalam berkarya bahkan berjuang bersama Mahijadedi yang baru seumur jagung.

“Nah disini anehnya, kalo kalian cek youTube kami ada banyak video dagelan dari kami, tapi kami lupa untuk bikin Video klip. Nah, jadi Ngopi Sik Ndak Edan video klip pertama kami, walaupun sebelumnya ada video klip tapi kolaborasi GNTZ dan Mahijadedi di lagu pemuda gapi,” ujar Ahonk.
Proses pembuatan video klip terbilang singkat, hanya sekitar 3 jam. “Pembuatan video klip berlangsung dari jam 7 malam sampe jam 10 malam. Tapi sehari sebelumnya kami sudah cek lokasi dan mensimulasikan adegan video klip,” tukas Ahonk.

Tidak hanya melibatkan rapper senior, dalam pembuatan video klip Ngopi Sik Ndak Edan, Mahijadedi juga menggandeng seniman bertalenta asal Yogyakarta Alit Jabang Bayi. Selain sebagai MC dan komedian Alit juga merupakan seorang rapper di era tahun 2000an. Perjalanannya di dunia hiburan di Yogyakarta sudah tidak diragukan lagi.

Keterlibatan Alit di Mahijadedi bukan kali ini saja. Ada dua lagu yang berkolaborasi dengan Alit Jabang Bayi yaitu Ngopi Sik Ndak Edan dan Remuk Bakule Krupuk . Alit juga ikut andil dalam pembuatan lirik dari lagu Lakon Rabi Keri sampai pas karantina pembuatan lirik album di sebuah villa.

Dengan melibatkan rapper-rapper kawakan tersebut MAHIJADEDI berkeyakinan melalui kolaborasi senior dan junior akan bisa saling mengisi kekurangan masing – masing.

Video klip ini bercerita tentang seseorang yang mengalami problematika kehidupan yang berat, kemudian bertemu dengan sahabatnya untuk berbagi cerita sambil minum kopi. Keduanya saling berbagi cerita dan nasihat kehidupan sekedar untuk meringankan beban pikiran. Di tengah pertemuan itu mereka melihat seorang gadis dan mencoba untuk merayu agar bisa berkenalan. Ahonk menaburkan bubuk yang berisi mantra agar gadis itu tergoda. Dan akhirnya gadis itu terpengaruh bubuk mantra dan meninggalkan sebuah pesan untuk Ahonk. Di tengah kebingungan situasi, datanglah seseorang ( GNTZ ) yang mengajak untuk keluar dari zona itu dan melangkah bersama ke tahap selanjutnya.

Disutradarai oleh Ahonk Rahadi dan di kerjakan oleh Kartitedjo Audio Visual. Untuk lokasi pengambilan gambarnya di Lor Coffee Jogjakarta milik Erry Carla yang notabene seorang rapper era tahun 2000an dari kota Semarang. Selain GNTZ dan Alit Jabang Bayi, video klip ini melibatkan beberapa rapper lain seperti Erry Carla, Donni Salahpaham, DJ paws37 dan Gheza Dhamar. Untuk modelnya diperankan oleh Nadya Prameswari yang merupakan Finalis Putri Indonesia DIY tahun 2017.

Mahijadedi grup musik hip hop asal Yogyakarta yang digawangi oleh Ahonk Rahadi dan Ofix. Grup yang berdiri sejak 2018 menawarkan genre hiphop berbahasa Jawa, tema lagu yang diangkat berasal dari kehidupan sehari-hari.

Video Klip lagu “Ngopi Sik Ndak Edan” resmi rilis di laman Youtube Mahijadedi, Senin (26/7/2020).(nik)