Festival otomotif bertajuk Indonesian Custom Show (ICS) yang akan digelar November mendatang akan menjadi ruang baru untuk pecinta custom di Indonesia.  #ICS2020 memberikan warna baru bagi teman-teman pecinta custom tanah air dan mendukung pergerakan custom di Indonesia agar tetap tumbuh dan berkembang. 

Diprakarsai oleh PT. JOGJA HAHE HAHE sebagai salah satu event organizer dan SILOL & Associated turut berkontribusi dengan merancang sebuah perhelatan otomotif yang dikemas berbeda dari penyelenggaraan event otomotif lainnya. Mengusung tagline BIKE & CAR – LOVE & DREAM, #ICS2020 akan digelar selama dua hari pada 7 dan 8 November 2020 di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta sebagai venue utama, dan Lanud Adisucipto sebagai venue kedua.

Perhelatan ini ingin menularkan budaya kreasi custom di masyarakat, terutama pecinta otomotif, untuk berinovasi dalam kehidupan sehari-hari. Artinya, custom bisa diterapkan di setiap aktivitas, seperti cara berpikir untuk memberdayakan, mendaur ulang, atau memberi nilai tambah sebuah barang. 

“Melalui #ICS2020, kami tidak ingin budaya custom ini hanya musiman, seperti saat orang demam cincin, dan sejenisnya,” ujar B. Kunto Wibisono yang merupakan Show Director dari ICS.

Ia menuturkan perkembangan dunia otomotif saat ini menunjukkan pertumbuhan atau tren yang positif. Hal ini dapat dilihat dengan munculnya beragam komunitas otomotif, rumah produksi, bengkel, dan penyelenggaran event otomotif dengan beragam tema dan tingkatan skala, mulai dari skala lokal sampai internasional.

Budhi Winarno selaku Project Director ICS menjelaskan bahwa “Indonesian Custom Show akan dihelat untuk pertama kalinya pada tanggal 7-8 November 2020 mendatang di dua venue yaitu Jogja Expo Center sebagai venue utama, dan Lanud Adisucipto sebagai venue kedua. Persiapan sudah kami mulai sejak akhir tahun lalu, semoga #ICS2020 mampu mewakili beragam segmen baik pelaku otomotif, industri kreatif, serta masyarakat luas. Tentunya pelaksanaan #ICS2020 nanti mengikuti standart protokol kesehatan sesuai arahan Pemerintah.”

Tumbuhnya sektor otomotif segmen custom ini menjadi salah satu bagian dari program pemerintah yaitu menghidupkan industri kreatif dan kesiapan menghadapi iklim kompetisi.

#ICS2020 memadukan unsur modern, kreativitas, teknologi, dan kearifan lokal. Sederet acara selama dua hari yang akan memeriahkan perhelatan ini, meliputi, Bike and Car Custom Exhibition, Show and Shine, Indonesian Big Bike Drag Race Championship, Harley Davidson Burn

Out, Custom Hand Drawing, Pertunjukan Wayang Kulit bersama Ki Seno Nugraha, Live Entertainment, Authentic Jogja Culinary, Coffee Lounge Ladies Barista, Marketplace, dan Photo Competition.

“Jadi, tidak hanya pameran, tetapi juga mengangkat detail kegiatan custom lainnya, semua hal bisa dikreasikan custom,” imbuh Kunto.

“Kami berharap dukungan dan support dari semua pihak, baik pemilik, penggemar, pemerhati, dan penghobi custom di Tanah Air dan dunia Internasional. Semoga apa yang menjadi harapan kita semua akan terlaksana dan terwujud, dan dunia custom di Indonesia semakin semarak, berkualitas, juga menjadi ajang guyub rukun,” pungkas Budhi Winarno.